Soal Menulis (์“ฐ๊ธฐ ) TOPIK II ke-64 no. 51

Di TOPIK II (untuk tingkat menengah dan lanjut) itu kan ada bagian tes menulisnya tuh. Ada 4 soal, yaitu no. 51 sampai 54.

Saya Orang Indonesia Bahasa Korea
Saya orang Indonesia.
Jelas saya pasti nggak bisa jawab karena selama ini belajarnya lompat-lompat kayak kelinci. Jadi pengetahuan saya tentang bahasa Korea banyak bolong-bolongnya yang kemudian membuat saya nggak bisa membentuk kalimat dengan baik dan benar. Tapi nggak pa-pa, karena selama hayat masih dikandung badan, masih bisa belajarlah. Tetap semangat!

Barusan saya cek, situs resmi untuk mengunduh soal-soal dan kunci jawaban TOPIK sedang nggak bisa diakses. Kayaknya situs-situs Korea itu sering dirombak total ya. Link-nya juga jadi berubah semua. Tapi kalau situs download TOPIK tak resmi ada banyak ya, bisa di-Google aja, biasanya ketemu.

Saya mau coba baca soal dan jawaban bagian ์“ฐ๊ธฐ soal TOPIK II ke-64.

No. 51.

์ˆ˜๋ฏธ ์”จ, ๊ทธ๋™์•ˆ ๊ณ ๋งˆ์› ์Šต๋‹ˆ๋‹ค.
์ €๋Š” ๋‹ค์Œ ๋‹ฌ์ด๋ฉด ํ™์ฝฉ์œผ๋กœ ์ผ์„ (..㉠..)
์ œ๊ฐ€ ์›ํ•˜๋Š” ํšŒ์‚ฌ์— ์ทจ์ง์„ ํ•ด์„œ ๊ธฐ์˜์ง€๋งŒ
์ˆ˜๋ฏธ ์”จ๋ฅผ ์ž์ฃผ ๋ชป ๋ณผ ๊ฒƒ ๊ฐ™์•„ ์•„์‰ฝ์Šต๋‹ˆ๋‹ค. ์„ ๋ฌผ์„ ์ค€๋น„ํ–ˆ๋Š”๋ฐ ์„ ๋ฌผ์ด ์ˆ˜๋ฏธ ์”จ ๋งˆ์Œ์— (..㉡..)

Jadi tuh kita disuruh melengkapi kalimat.

Kalau diterjemahin, jadi gini:

Sumi, terima kasih ya selama ini.
Saya bulan depan akan ke Hongkong, pekerjaan (..㉠..)
Saya senang karena bekerja di perusahaan yang saya inginkan tetapi
merasa kehilangan karena saya jadi tidak bisa sering bertemu Sumi.
Saya sudah menyiapkan hadiah, hadiah itu di hati Sumi (..㉡..)

๐Ÿ˜ญIh... mana tahu gimana ngejawabnya. Males mikir. Langsung lihat kuncinya aja ah.๐Ÿ˜œ

㉠ํ•˜๋Ÿฌ ๊ฐ‘๋‹ˆ๋‹ค 
㉡๋“ค๋ฉด ์ข‹๊ฒ ์Šต๋‹ˆ๋‹ค/
  ๋“ค์—ˆ์œผ๋ฉด ์ข‹๊ฒ ์Šต๋‹ˆ๋‹ค

Jadi kalimat yang lengkapnya tuh gini:

์ €๋Š” ๋‹ค์Œ ๋‹ฌ์ด๋ฉด ํ™์ฝฉ์œผ๋กœ ์ผ์„ ํ•˜๋Ÿฌ ๊ฐ‘๋‹ˆ๋‹ค.
Saya bulan depan pergi ke Hongkong untuk bekerja.

์„ ๋ฌผ์„ ์ค€๋น„ํ–ˆ๋Š”๋ฐ ์„ ๋ฌผ์ด ์ˆ˜๋ฏธ ์”จ ๋งˆ์Œ์— ๋“ค๋ฉด ์ข‹๊ฒ ์Šต๋‹ˆ๋‹ค./ ์„ ๋ฌผ์„ ์ค€๋น„ํ–ˆ๋Š”๋ฐ ์„ ๋ฌผ์ด ์ˆ˜๋ฏธ ์”จ ๋งˆ์Œ์— ๋“ค์—ˆ์œผ๋ฉด ์ข‹๊ฒ ์Šต๋‹ˆ๋‹ค.
Saya sudah menyiapkan hadiah, semoga berkenan di hati Sumi.

Oh gitu doang. Gampang ternyata.๐Ÿ˜œ###

✨BACA JUGA

[Review Buku] Korean Slang Expressions

Let's Learn Korean II (Mengenal Bahasa Korea) - KBS World Indonesian

Belajar Bahasa Korea dengan YOU.COM

[Review Aplikasi] ์„ธ์ข…ํ•™๋‹น ๋น„์ฆˆ๋‹ˆ์Šค ํ•œ๊ตญ์–ด atau King Sejong Institute - Business Korean

Kursus Online Bahasa Korea Gratis di Situs Web "King Sejong Institute"