[Download Buku] Kamus Kosa Kata Dasar Bahasa Korea

Ini saya kasih tahu cara mendapatkan Kamus Kosa Kata Dasar Bahasa Korea - Edisi Bahasa Indonesia dari situs web Nuri Sejong Hakdang https://nuri.iksi.or.kr/front/main/main.do tapi aksesnya jangan pakai Firefox ya, soalnya pas saya coba selalu error sih. Pakai Google Chrome saja.

Download Kamus Kosa Kata Dasar Bahasa Korea


Lalu login dulu kan. Kalau belum jadi member, ya daftar dulu, sign in atau register gitu, lupa apa namanya di situs itu. Ikuti perintahnya sampai bisa masuk dengan isi alamat e-mail dan password.

Walaupun agak ribet awalnya, tapi nggak rugi kok, soalnya banyak materi untuk belajar bahasa Korea yang bisa kita akses di situs itu.

Lalu, di paling atas ada tulisan Learning tuh? Klik aja.

Coba lihat kolom paling kiri, kan ada tulisannya Textbooks? Scroll ke bawah sampai ketemu Learning Material +. Klik aja.
Lalu keluar daftar:
Korean Basic Vocabulary Learning Dictionary
Video Clips
Audio Clips
Images
Practice


Klik 'Korean Basic Vocabulary Learning Dictionary', di situ bisa download e-book-nya dalam berbagai versi bahasa. Boleh download semuanya kok, gratis.

Klik salah satu kan, misalnya yang bahasa Indonesia. Lalu scroll agak ke bawah, ada tulisan pdf. Klik, lalu ketemu deh tulisan judul buku:
1๊ถŒ_ํ•œ๊ตญ์–ด ์–ดํœ˜์‚ฌ์ „(์˜์–ดํŒ).pdf.
Tinggal klik tombol pink Download di samping tulisan itu.
Judul asli:
ํ•œ๊ตญ์–ด๋กœ ๋งํ•˜๊ณ  ๋“ฃ๊ณ  ์“ฐ๊ณ  ์ฝ๋Š” ๋ฐ ๊ผญ ํ•„์š”ํ•œ ํ•œ๊ตญ์–ด ๊ธฐ์ดˆ์–ดํœ˜ ํ•™์Šต์‚ฌ์ „

Bukunya tebel banget, ada 600 halaman. Karena kamus ya, jadi kata-kata di dalamnya disusun sesuai alfabet hangul. Tidak cuma tulisan, kita bisa dengar audionya dengan cara men-scan QR code di setiap entri kamus. Selain itu juga banyak ilustrasinya. Keren ya.

Dalam bentuk file pdf, tebal 608 halaman
Ilustrasi
Ilustrasi dalam kamus

Halaman dalam dengan QR code untuk audio


Kamusnya simpel banget, cocok untuk pembelajar tingkat dasar. Ada entri, lambang ์ดˆ yang maksudnya itu kategori tingkat dasar, atau ์ค‘ yang maksudnya kata itu kategori tingkat menengah. Lalu ๋ช… untuk kata benda, ๋™ untuk kata kerja, dan sebagainya. Ada definisi dalam bahasa Korea, ada terjemahan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Lalu satu contoh penggunaan yang simpel. Juga untuk mendengar pengucapannya, tinggal scan QR code dengan smartphone. Petunjuk lebih lengkap untuk penggunaan kamus ada di halaman paling depan, tertulis dalam bahasa Korea, tapi nggak ngerti juga nggak apa-apa sih kalau menurut saya. Oh iya, karena file pdf, bisa di-search juga, praktis banget digunakan sebagai kamus untuk belajar bahasa Korea. Atau bisa juga untuk latihan membaca dan mendengar istilah-istilah yang simpel.

Di situs King Sejong Korean itu juga masih banyak lagi berbagai materi untuk belajar dan mengajar bahasa Korea dan semuanya gratis. Yang jelas buku-buku pelajaran bahasa Korea serial King Sejong Korean ada semua. ###

✨BACA JUGA

[Review Buku] Korean Slang Expressions

Cara Mendaftar Kursus Online Bahasa Korea Gratis di "Online King Sejong Institute"

Kosa Kata dari ์‚ฌ๊ฑด์˜ ์ง€ํ‰์„  (Event Horizon) oleh YOUNHA (์œคํ•˜)

[Kesan Pertama] Real-Life Korean Conversations for Beginners Edisi Terjemahan Bahasa Indonesia

Belajar Bahasa Korea dari Lirik Lagu "Queencard" oleh (G)I-DLE